Posted by : Unknown Kamis, 28 Februari 2013


Perbedaan Dual core dan Core 2 Duo



Kalau anda membeli PC atau laptop, anda pasti melihat/membandingkan dua jenis processor berikut:
1. processor intel dual Core
2. Processor intel Core 2 Duo

Jadi apa sih perbedaan dari kedua processor tersebut, dari info yang saya kumpulkan dari sana sini, ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.


Istilah dual core mempunyai arti bahwa dalam processor itu terdapat 2 processor(tempat kerja), dalam unjuk kerjanya, kalau satu tempat kerja kewalahan menangani satu proses akan dialihkan, anda mungkin sering mengalami suara putus2 saat mendengarkan file mp3 dan menjalankan program lain (multitasking), nah ini tanda-tandanya sang prosesor kewalahan, sehingga dengan adanya dual core proses kewalahan ini akan ditangani oleh processor keduanya, tapi proses ini menemui masalah, karena ada dua tempat kerja dibeda lokasi, maka proses komunikasi antara keduanya ada masalah juga, maka untuk menjawab itu dibuatlah penerusnya, yaitu core 2 duo, di processor jenis ini, ada dua prosesor dalam satu tempat kerja dan terjadi peningkatan kinerja yang lebih optimal, karena satu kerjaan/lebih dikerjakan oleh dua processor sekaligus...jadi lebih hemat dan efisien, makanya core 2 duo diklaim lebih hemat konsumsi dayanya....nah setelah core 2 duo bahkan ada teknologi terbaru hingga quad core, artinya sama aja kalau quadcore, 4 procesor bekerja dalam satu waktu sekaligus, jadi lebih cepat...




DUAL CORE


Istilah ini adalah istilah teknis untuk merujuk kepada Teknologi Processor atau Arsitektur Processor dimana dalam 1 Keping Processor/CPU terdapat 2 buah Inti processor. Teknologi terbaru dari Perkembangan arsitektur Procesor ini adalah menanamkan 2 inti kedalan 1 CPU, atau bahasa umumnya menanamkan 2 mesin kedalam 1 Keping CPU.
Perkembangan awal teknologi ini adalah menculnya PENTIUM D, yang merupakan keluaran awal dari processor dengan 2 buah inti. Processor jenis ini Masih disebut dengan istilah “PENTIUM” karena memang generasinya masih dari perkembangan lanjutan generasi INTEL PENTIUM.
Produksi Processor ini masih menggunakan Teknology “NETBURST” . Jadi PENTIUM D adalah CPU PENTIUM yang Memiliki 2 Buah INTI kelas PENTIUM di produksi dengan teknology 90nm.
Kelemahan Jenis Pentium D ini adalah Inti kedua tidak maksimal di gunakan, dan tidak ada pengecekan suhu pada inti kedua. Dalam penjualannya intel Tidak Menyebut PENTIUM D sebegai CORE DUO processor TAPI menyebutnya PENTIUM D (Dual). istilah inilah yang di indonesia dan kebanyakan pedagang Komputer di rancu-kan dengan istileh INTEL CORE DUO (tanpa ada kata PENTIUM)


CORE 2 DUO

Istileh Processor CORE intel yang lain adalah CORE2DUO, yang berarti Processor CORE yang dibagun dengan teknologi 2 Core dengan tambahan fungsi dipasangnnya Cache Memmory pada masing masing Core. Jadi bila CORE DUO masih memakai 1 Cache /L2 untuk Kedua CORE, maka pada CORE2DUO masing masing inti sudah dipasangkan Cache secara sendiri sendiri, yang masih bekerja sama secara paralel.
Perkembangan terakhir dari Intel CORE processor adalah di buatnya processor dengan 4 inti atau disebut juga Intel Core2Quad, Semoga cukup membantu

Sebenarnya, kurang dari 1% dari software yang beredar di pasar dapat memanfaatkan beberapa core (Untuk dual Core lebih banyak, sedangkan 4 core sangat jarang), yang berarti bahwa sebagian besar program-program kamu (malah mungkin semuanya) hanya dapat dijalankan di salah satu inti prosesor saja. Ini berarti bahwa kecepatan program Anda sepenuhnya tergantung pada kecepatan satu inti. Anda mungkin berkata “terus bagaimana kalau saya menjalankan banyak program dengan bersamaan(istilah kerennya multitasking)”
Kenyataannya adalah, kebanyakan program dapat melakukan tugas lebih cepat dari yang Anda dapat beralih ke program lain. Pengecualian yang paling menonjol terhadap apa yang saya katakan sebelumnya adalah pada software editing video dan foto (dan beberapa game), yang biasanya memanfaatkan semua core prosessor Anda.
Secara Realistis, Anda tidak akan merasakan perbedaan kecepatan antara sistem dengan prosesor dual core dan sistem dengan prosesor quad core, kecuali jika Anda menjalankan software video/photo editing.
Produsen prosesor (Intel, AMD) sebenarnya menyadari hal ini, tapi apa peduli mereka, selama prosesor mereka laku dan diterima dipasar mereka tidak ada masalah.
Jadi apa inti dari tulisan saya ini? Jangan habiskan uang Anda pada prosesor Quad core kecuali ingin membuat dan mengedit video secara profesional, atau menjalankan software khusus yang bisa memanfaatkan semua core prosessor. Anda lebih baik menghabiskan uang Anda untuk  prosesor dual core dengan GHz dan cache L2 yang lebih tinggi.
                                                                                                                                     Sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

coment

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow

- Copyright © M_O -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -